Rubrik Bahasa

Kumpulan artikel rubrik bahasa Indonesia dari berbagai media massa

Jayus

with one comment

Lampung Post, 6 Okt 2010. Fadhilatun Hayatunnufus: Pegawai Kantor Bahasa Provinsi Lampung.

Seiring perkembangan zaman, banyak kosakata atau istilah-istilah baru yang bermunculan dalam masyarakat khususnya dalam pergaulan para remaja ABG (anak baru gede) yang menyebut diri mereka sebagai anak gaul. Para remaja terkadang banyak menciptakan kosakata atau istilah-istilah baru yang biasanya disebut sebagai bahasa gaul. Kosakata atau istilah-istilah baru itu umumnya disosialisasikan oleh remaja.

Istilah itu mungkin muncul dari salah satu di antara mereka kemudian digunakan oleh teman-temannya dan selanjutnya menyebar ke mana saja. Kata itu menjadi semakin populer setelah digunakan oleh selebritas yang tampil di televisi dan juga ditulis dalam media cetak seperti koran, majalah, dan tabloid. Selebritas di televisi ditonton dan media cetaknya dibaca oleh para remaja. Mereka menggunakan sendiri serta menularkan ke teman-temannya tetapi tak jarang para orang tua dapat memahami arti kata bahasa gaul yang digunakan para remaja atau bahkan para orang tua juga menggunakan bahasa gaul tersebut.

Kata-kata seperti maksi, ja’im, ngeceng, nyokap, bokap, boring, bete, dan sebagainya menjadi istilah yang muncul dari gejolak muda. Saya sempat dibuat bingung juga ketika ngobrol kemudian melontarkan sebuah lelucon, tiba-tiba saya dibilang jayus. Waduh, saya tambah bingung karena tidak tahu arti kata jayus karena saya termasuk orang yang tidak gaul. Jika jayus itu sejenis minuman, pasti saya tahu karena jayus (jasjus) adalah minuman segar kesukaan saya.

Saya mencari arti kata jayus dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tetapi saya tidak menemukannya. Akhirnya, saya membuka kamus SMS IM3 yang isinya tentang istilah-istilah gaul para remaja dan saya menemukan arti kata jayus. Arti kata jayus dalam kamus tersebut adalah tidak lucu (kelakuan yang tidak lucu). Usut punya usut ternyata arti kata jayus tidak berbeda dengan garing. Garing? Bukan garing yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang artinya keras dan kering (seperti biskuit). Akan tetapi, garing yang tidak lucu, istilah gaul yang dipakai oleh para remaja gaul.

Ada pula arti kata jayus yang saya dapat dari hadis Rasulullah saw. sebagai berikut: “Ada 10 golongan dari umatku yang tidak masuk surga, kecuali mereka bertobat. Mereka itu adalah qala, jayus, qattat, dabub, dayus, shahibul artabah, shahibul khubah, utlul, zaniem, dan al aqliwalidaihi.

Sahabatnya bertanya apa arti yang sepuluh tersebut. Rasulullah menjawab: (1) Qala, yaitu orang penjilat yang keluar masuk rumah pengusaha (pejabat pemerintah); (2) Jayus, ialah orang yang mencuri kain kafan dalam kubur; (3) Qattat, yaitu orang yang suka mengadu domba; (4) Dabub, yaitu orang yang mengelola perempuan-perempuan untuk pelacuran; (5) Dayus, yaitu orang yang tidak cemburu terhadap istrinya; (6) Shahibul Arthabah, yaitu orang yang kerjanya suka memukul gendang; (7) Shahibul Khubah, yaitu orang yang kerjanya memukul genderang; (8) Uthul, yaitu orang yang tidak mau memaafkan orang lain; (9) Zaniem, yaitu anak zina yang suka nongkrong di pinggir jalan dan menggunjing orang yang lewat; (10) Al Aqliwalidaihi, yaitu orang yang melawan kepada ibu dan bapaknya.

Nah, bagaimana? Setelah para remaja tahu arti kata jayus yang maknanya orang yang mencuri kain kafan di dalam kubur, apakah mereka mau dibilang jayus?

About these ads

Written by Rubrik Bahasa

6 Oktober 2010 pada 20.47

Ditulis dalam Fadhilatun Hayatunnufus, Lampung Post

Dikaitkatakan dengan

Satu Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. Semoga JAYUS bukan saudara dari GAYUS Tambunan ^_^

    Khuzaie

    27 Januari 2011 at 13.58


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.545 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: