Rubrik Bahasa

Kumpulan artikel rubrik bahasa Indonesia dari berbagai media massa

Juara dan Pemenang

with one comment

Lampung Post, 4 Jan 2012. Fadhilatun Hayatunnufus, Pegawai Kantor Bahasa Provinsi Lampung

KITA pasti pernah menemukan kata juara dan pemenang dalam kalimat-kalimat di media massa ataupun yang diucapkan seseorang dalam suatu pertandingan. Coba Anda perhatikan contoh kasus dalam dua kalimat berikut. (1) Pada Pemilihan Putri Indonesia (PPI) ke-16 tahun ini, ITB boleh berbangga karena pemenang PPI 2011 diraih oleh salah satu mahasiswanya. (2) Setelah melakukan penghitungan nilai dan persentase jumlah SMS yang masuk ke tiga finalis Big Brother Indonesia (BBI), akhirnya finalis wanita berwajah bule, Renata atau yang akrab dipanggil Rene, sebagai juara tiga, juara kedua diraih Derek, sedangkan juara pertama yakni Alan.

Tampaknya tidak ada masalah dengan penggunaan kata pemenang dan kata juara dalam kedua kalimat tersebut. Akan tetapi, apakah kata juara dan pemenang memiliki makna yang sama dalam penggunaannya?

Ternyata, kata juara dan pemenang memiliki makna berbeda sehingga penggunaannya dalam kalimat juga perlu diperhatikan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) makna kata juara adalah (1) ‘orang (regu) yang mendapat kemenangan dalam pertandingan terakhir’ (2) ‘orang yang gagah berani, pendekar; jagoan’ (3) ‘ahli; terpandai dalam suatu (pelajaran dan sebagainya), dan lainnya’. Sedangkan makna kata pemenang adalah ‘orang atau pihak yang menang’.

Dalam Buku Praktis Bahasa Indonesia 2 dijelaskan kata pemenang dapat digunakan untuk orang yang menang bertanding atau berlomba, tetapi tidak dapat digunakan untuk menyatakan orang yang terpandai di kelas. Misalnya, Andin adalah juara I di kelasnya, bukan Andin adalah pemenang I di kelasnya.

Namun, kata juara tidak digunakan untuk menyebut orang yang memenangi undian. Misalnya, Rizki pemenang I undian berhadiah itu, bukan Rizki juara I undian berhadiah itu.

Berdasarkan penjelasan di atas, sebaiknya kalimat pertama diubah menjadi (1) Pada Pemilihan Putri Indonesia (PPI) ke-16 tahun ini, ITB boleh berbangga karena juara PPI 2011 diraih oleh salah satu mahasiswanya. (2) Setelah melakukan penghitungan nilai dan persentase jumlah SMS yang masuk ke tiga finalis Big Brother Indonesia (BBI), akhirnya finalis wanita berwajah bule, Renata atau yang akrab dipanggil Rene, sebagai pemenang tiga, pemenang kedua diraih Derek, sedangkan pemenang pertama yakni Alan.

About these ads

Written by Rubrik Bahasa

4 Januari 2012 pada 14.57

Ditulis dalam Fadhilatun Hayatunnufus, Lampung Post

Dikaitkatakan dengan

Satu Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. Sederhana, namun bernas.

    Abu Usamah as-Sulaimani

    2 April 2013 at 14.32


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.544 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: