Budaya Boros

Lampung Post, 1 Feb 2012. Mujiasih, Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unila

Ternyata tidak hanya anggota DPR yang memiliki sifat boros. Hal itu ditandai dengan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk gaya hidup hedonis para wakil rakyat yang terhormat tersebut.

Realitanya, masyarakat Indonesia secara umum pun masih boros dalam berbahasa. Rupanya boros telah menjadi budaya bangsa Indonesia meskipun dalam konteks yang berbeda. Dalam berbahasa, kita menggunakan kata-kata yang terangkai sesuai dengan kaidah yang berlaku. Tujuannya, agar dapat mengungkapkan gagasan, perasaan, atau pikiran yang ada dalam benak kita (Suyanto, 2011: 48).

Sering saya mendapati pemborosan dalam berbahasa, misalnya “maju ke depan”, “mundur ke belakang”, “masuk ke dalam”, “naik ke atas”, dan “turun ke bawah”. Tidak salah memang ketika seseorang mengatakan seperti itu, karena orang lain sebagai mitra tuturnya tentu dapat memahami dan menyepakati.

Namun, menurut saya, penggunaan kata-kata tersebut kurang tepat karena menjadi tidak efektif. Untuk mengefektifkannya ialah dengan membuang kata yang sudah terwakili oleh kata lain yang juga digunakan dalam kalimat tersebut. Misalnya, “dia masuk ke dalam mobil” dapat diperbaiki menjadi “dia masuk ke mobil”. Hal ini karena kata “masuk” telah merujuk kepada pengertian “menuju ke dalam”, sehingga cukup menggunakan kata “masuk”. Begitu pula untuk contoh lain.

Tidak hanya boros, sebagian masyarakat juga tidak konsisten ketika menggunakan frasa-frasa tersebut (maju ke depan, mundur ke belakang, masuk ke dalam, naik ke atas, dan turun ke bawah).

Begitulah berbahasa, aktivitas dalam berkomunikasi yang melibatkan penutur dan mitra tutur serta konteks terkadang mengabaikan kaidah bahasa, alih-alih kedua pihak telah saling memahaminya. Hendaknya kita lebih bijaksana dalam berbahasa dan tidak boros dalam menggunakan kata-kata.

About these ads

One thought on “Budaya Boros

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s