Sumbar Gunakan Empat Bahasa Pengantar Pendidikan

KOMPAS 2 Mar 2009.

Sumatera Barat (Sumbar) akan menggunakan empat bahasa pengantar dalam dunia pendidikan daerah itu, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Minang.

Penggunaan empat bahasa pengantar dalam dunia pendidikan Sumbar itu tengah dibahas dalam rencana peraturan daerah (Ranperda) Pendidikan antara DPRD dan Pemprov Sumbar, kata Ketua Panitia Khusus Ranperda Pendidikan, Irdinansyah Tarmizi kepada Antaradi Padang, Senin.

Ia mengatakan, penggunaan empat bahasa pengantar itu akan menjadi salah satu pasal dalam Ranperda tersebut.

Ia menjelaskan, Bahasa Indonesia digunakan untuk percakapan dan penyampai pelajaran umum, Bahasa Inggris untuk pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Arab untuk pelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Minang untuk pelajaran Budaya Alam Minangkabau (BAM).

Penggunaan bahasa pengatar itu, diupayakan tidak saja untuk penyampaian pelajaran tetapi untuk komunikasi guru dan murid dan sesama murid, katanya.

Artinya, dalam pelajaran Bahasa Inggris misalnya bahasa tersebut tidak saja dalam bentuk penyampaian pelajaran tapi juga komunikasi dalam kelas saat terjadi proses belajar mengajar, tambah Irdinansyah.

Ia mengatakan, Ranperda Pendidikan Sumbar merupakan rancangan aturan hukum hasil inisitif kalangan DPRD khusus dari Komisi IV Bidang kesejahteraan rakyat dan termasuk didalamnya urusan pendidikan.

Keberadaan Ranperda setelah menjadi Perda diharapkan mampu mengangkat dan menetapkan pendidikan di Sumbar sesuai standar nasional.

Selain itu, dalam standar nasional itu, Sumbar juga harus memiliki sisi-sisi keunggulan yang akan dituangkan dalam kurikulum pendidikan nantinya, kata Irdinansyah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s