Bahasa Arab Pengaruhi Cara Berfikir Masyarakat Muslim

KOMPAS 13 Okt 2009. Penulis: JY. Editor: jodhi.

Bahasa Arab mempengaruhi cara berfikir dan bersikap masyarakat muslim di seluruh dunia karena bahasa sangat erat kaitannya dengan kegiatan berpikir masyarakat pengguna bahasa itu.

“Bahasa Arab dewasa ini sangat mempengaruhi cara berpikir dan cara bersikap masyarakat muslim di seluruh dunia. Hal ini terlihat dari kecenderungan masyarakat muslim untuk memahami segala sesuatu yang serba Islami dan Arabi,” kata Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Departemen Agama, Prof Dr Machasin, di Medan, Selasa.

Ia mengatakan, dalam konteks Indonesia, Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing tertua yang dikenal bangsa Indonesia sejak masuknya Islam kenusantara.

Bahasa Arab dikenal dan dipelajari oleh bangsa Indonesia karena terkait dengan fungsi Bahasa Arab yakni sebagai bahasa agama.

Sebagai bahasa agama, Bahasa Arab telah memainkan peranan penting dalam pembentukan karakter bangsa Indonesia yang religius. Berdasarkan realita tersebut, maka peranan Bahasa Arab dalam proses pengembangan sikap religius warga bangsa pada umumnya dan peserta didik di lingkungan satuan-satuan pendidikan, sangatlah besar.

Disisi lain, era globalisasi yang menjadikan dunia sebagai desa kecil, mau tidak mau memaksa warga dunia untuk melakukan interaksi sosial dan budaya secara intensif antar mereka.

Atas dasar itu, perkembangan sosial budaya di suatu bangsa akan mudah diakses bahkan mempengaruhi warga dunia lainnya.

Sementara dalam konteks Bahasa Arab, perkembangan sosial budaya yang terjadi di negara-negara Arab pun akan mempengaruhi dunia secara positif atau negatif.

Misalnya, perkembangan situasi Timur Tengah yang demikian memanas akan mempengaruhi iklim ekonomi dan politik dunia.

Demikian juga dengan perkembangan pemikiran Islam garis keras di suatu negara juga akan mempengaruhi pemikiran dan pemahaman Islam di negara-negara Islam lain di dunia.

“Atas dasar itu, pemahaman Bahasa dan Budaya Arab, bagi Indonesia yang mayoritas beragama Islam menjadi penting dalam merespon perkembangan yang terjadi di Timur Tengah, baik di bidang ekonomi, politik, dan agama,” katanya.

Staf Pengajar Program Studi bahasa Arab, Fakultas Sastra, Universitas Sumatera Utara (USU), Drs Aminullah MA, mengatakan, peran Bahasa Arab sebagai bahasa agama sangat berpengaruh pada pola kehidupan Indonesia di kehidupannya sehari-hari.

“Sejak dahulu sampai sekarang, masyarakat muslim Indonesia terus berlomba-lomba mengusakan agar anaknya dapat menguasai Bahasa Arab sejak dini. Ini tentunya dengan harapan agar si anak dapat semakin menguasai Islam dengan baik,” katanya.

Iklan

One thought on “Bahasa Arab Pengaruhi Cara Berfikir Masyarakat Muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s