Bahasa Arab Sumbang 40 Persen Bahasa Dunia

KOMPAS 13 Okt 2009. Penulis: JY. Editor: jodhi.

Di bawah pengaruh dan perkembangan Islam, bahasa Arab menyumbang 40-60 persen kosakata untuk berbagai bahasa di dunia hingga berpengaruh pada tata bahasa, ilmu nahu, dan kesusastraan.

Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Departemen Agama, Prof Dr Machasin, di Medan, Selasa (13/10), mengatakan, bahasa Arab mempunyai peranan yang sangat besar dalam kehidupan Muslim di berbagai belahan dunia.

“Bahasa Arab mempengaruhi bahasa Persia, Turki, Urdu, Melayu, Hausa, dan Sawaili. Artinya di bawah pengaruh Islam, kosakata bahasa Arab banyak dipakai dalam berbagai bahasa di dunia,” katanya pada seminar internasional “Bahasa Arab Dalam Perpektif Sosial Budaya”.

Ia mengatakan, dewasa ini bahasa Arab merupakan bahasa daerah sekitar 150 juta orang di Asia Barat dan Afrika Utara yang merupakan 22 negara yang menjadi anggota liga negara-negara Arab.

Bahasa Arab juga merupakan bahasa agama untuk lebih dari satu miliar umat Muslim di seluruh dunia, yang diucapkan dalam ibadah sehari-hari.

Bahasa ini juga merupakan bahasa hukum Islam yang mendominasi kehidupan semua Muslim dan digunakan sebagai bahasa kebudayaan Islam yang diajarkan di ribuan sekolah di luar dunia Arab.

“Dari Senegal sampai Filipina, bahasa Arab dipakai sebagai bahasa pengajaran dan kesusastraan, pemikiran di bidang sejarah, etika hukum dan fiqih serta kajian kitab,” katanya.

Didukung dengan beberapa doktrin ajaran dalam Islam, bahasa Arab terus memengaruhi masyarakat Muslim di berbagai tempat. Misalnya, doktrin bahwa Al Quran harus ditulis dan dibaca dalam bahasa aslinya, yakni bahasa Arab.

Hal ini berbeda dengan kitab suci lain yang justru harus diterjemahkan ke berbagai bahasa tanpa menyertakan teks aslinya. Doktrin pendukung lainnya adalah berbagai ucapan ritual ibadah yang hanya dianggap sah jika dilakukan dalam bahasa Arab.

Doktrin-doktrin seperti ini telah memacu motivasi masyarakat Muslim untuk mempelajari dan menguasai bahasa Arab sejak dini agar kelak menjadi Muslim yang baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s