Bahasa Jawa Belum Digunakan Leluasa

Kompas 29 Nov 2009. Penulis: JY. Editor: jodhi.

Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto mengatakan kebijakan menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa pengantar di lingkungan instansi Pemerintah Provinsi DIY khususnya di Pemkot Yogyakarta, belum dapat diterapkan secara leluasa dalam kegiatan formal.

“Jika harus menggunakan Bahasa Jawa dalam kegiatan-kegiatan resmi seperti  membuka sebuah acara, masih ada kendala,” kata Herry usai melakukan kegiatan menanam pohon memperingati Hari Pohon Nasional di Yogyakarta, Sabtu.

Saat menyampaikan sambutan di hadapan ratusan peserta menanam pohon pada Hari Pohon Nasional di Kota Yogyakarta, wali kota menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.

Pemkot Yogyakarta telah menetapkan bahwa Sabtu adalah hari untuk menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa pengantar dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan instansi ini, tidak sebatas dalam percakapan antarkaryawan.

Namun demikian, kata dia, kebijakan yang tertuang dalam instruksi Wali Kota Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2009 dan mengacu pada instruksi Gubernur DIY Nomor 1 Tahun 2009 tentang penggunaan Bahasa Jawa pada hari tertentu di lingkungan instansi Pemerintah Provinsi DIY bukan harus dimaknai bahwa bahasa itu selalu digunakan pada setiap kegiatan.

“Yang terpenting adalah menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa pergaulan, dan saya lebih condong untuk mencampurkan bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa,” katanya.

Ia mengatakan dari pada mencampurkan Bahasa Indonesia dengan bahasa asing seperti Bahasa Inggris yang sudah dikuasai secara umum, maka akan lebih baik apabila mencampurkan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Jawa.

“Mencampurkan kedua bahasa itu juga dirasa lebih leluasa dilakukan pada saat kegiatan-kegiatan resmi,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas dan Informasi Kota Yogyakarta Herman Eddy Sulistio mengatakan pegawai di lingkungan satuan kerja perangkat daerah atau unit kerja Pemkot Yogyakarta tidak mengalami kesulitan menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa pengantar setiap Sabtu, khususnya dalam percakapan sehari-hari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s