Pemahaman Bahasa Sunda di Subang Semakin Tergerus

KOMPAS 23 Des 2009. Penulis: JY. Editor: jodhi.

Pemahaman bahasa Sunda di Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar), semakin tergerus, kata pengurus Pangauban Ki Sunda Kabupaten Subang, Jawa Barat, Wawan Herawan di Subang, Selasa.

Menurut dia, hal ini dibuktikan dengan semakin berkurangnya keluarga yang menggunakan dan menyampaikan pendidikan bahasa Sunda di masyarakat.

“Saat ini masyarakat cenderung melakukan interaksi komunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia sehingga pemahaman dan pendidikan bahasa Sunda di lingkungan masyarakat semakin tergerus,” ungkap Wawan.

Meskipun lembaga pendidikan menerapkan mata pelajaran bahasa Sunda di sekolah, kata dia, hal ini tidak akan optimal tanpa dibantu dengan aplikasi ilmu di lingkungan masyarakat.

“Ketika siswa mendapatkan pendidikan bahasa Sunda di sekolahnya namun di lingkungan keluarga dan masyarakatnya berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, maka terlihat kurang efektif juga untuk pengembangan wawasan bahasa Sunda siswa tersebut,” lanjutnya.

Wawan menjelaskan bahwa tergerusnya bahasa indung atau bahasa Sunda tersebut akan berdampak pada generasi penerus daerah.

“Setelah bahasa Sunda semakin tergerus, maka yang dikhawatirkan adalah tidak ada lagi pemahaman yang baik mengenai bahasa indung kepada generasi penerus dikarenakan tidak adanya regenerasi pendidikan bahasa Sunda,” kata dia.

Menurut Wawan, tergerusnya pemahaman bahasa Sunda tersebut juga dikarenakan faktor tontonan dari media televisi.

“Mari kita lihat tontonan televisi saat ini yang semua lebih dominan menggunakan bahasa Indonesia, namun sangat disayangkan juga bahwa penggunaan bahasa Indonesianya bukan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” jelas dia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s