“Kompas” Peringkat Kedua Pengguna Bahasa Indonesia yang Baik

KOMPAS, 29 Okt 2010.

JAKARTA, KOMPAS – Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional, Kamis (28/10) di Jakarta, dalam puncak acara Bulan Bahasa dan Sastra, mengumumkan 10 media massa pengguna bahasa Indonesia yang baik tahun 2010. Harian Kompas menempati peringkat kedua setelah Koran Tempo di peringkat pertama. Peringkat ketiga pengguna bahasa Indonesia yang baik adalah Media Indonesia.

”Penilaian penggunaan bahasa Indonesia yang baik di media massa rutin digelar setiap tahun, memperingati Bulan Bahasa dan Sastra. Diharapkan, penggunaan bahasa Indonesia oleh media massa dari tahun ke tahun semakin baik sehingga juga berdampak baik kepada masyarakat pembaca,” kata Koordinator Intern Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional, Yeyen Maryani.

Sepuluh media massa pengguna bahasa yang baik, berturut-turut sesuai peringkatnya, yaitu Koran Tempo (Jakarta), Kompas (Jakarta), Media Indonesia (Jakarta), Republika (Jakarta), Sinar Harapan (Jakarta), Suara Pembaruan (Jakarta), Pikiran Rakyat (Bandung), Seputar Indonesia (Jakarta), Kedaulatan Rakyat (Yogyakarta), dan Jawa Pos (Surabaya).

Adapun untuk Penghargaan Karya Sastra Pusat Bahasa, tahun 2010 diraih Afrizal Malna dengan judul puisi Teman-temanku dari Atap Bahasa, Linda Christanty dengan cerita pendek kumpulan esai jurnalistik Dari Jawa Menuju Atjeh, dan Nukila Amal dengan karya cerpen Laluba.

Sastrawan Afrizal Malna juga sekaligus ditetapkan sebagai penerima SEA Write Award 2010 yang akan ia terima langsung dari Raja Thailand di Bangkok.

Menurut Yeyen Maryani, dalam puncak acara Bulan Bahasa dan Sastra juga diserahkan hadiah bagi pemenang sayembara penulisan proposal penelitian kebahasaan dan kesastraan, pemenang sayembara penulisan esai sastra, pemenang sayembara penulisan naskah drama tingkat nasional, serta sejumlah lomba lainnya. (NAL)

Ilustrasi: Logo Pusat Bahasa (hak cipta Pusat Bahasa Kemdiknas)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s