Musik Cadas?

KOMPAS, 5 Nov 2010. Samsudin Berlian: Pemerhati Makna Kata.

Ada saja yang mengindonesiakan jenis musik yang dalam bahasa Inggris disebut rock atau rock and roll dengan istilah musik cadas. Sampai ada di Facebook segala. Malah kabarnya di Surabaya ada sekolah bernama begitu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, cadas hanya berarti ”batu”, tapi dalam lema musik ada sublema musik cadas yang diartikan ”musik keras”. Entah apa maksud definisi konyol ini. Barangkali musik gamelan atau keroncong yang disetel dengan volume pol.

Dalam bahasa Inggris, rock punya banyak arti. Ada dua kelompok makna utama. Yang satu berkaitan dengan kata benda batu. Yang lain dengan kata kerja goyang. Kata benda rock ”batu” berasal dari kata Perancis Kuno rocque, sedangkan kata kerja rock ”goyang” dari kata Inggris Kuno roccian. Yang penting di sini adalah bahwa makna musikal kata itu hanya berkait dengan rock ”goyang”.

Kata kerja rock berarti menimang-nimang [bayi] dengan lembut supaya tenang atau tertidur. Bahkan, angin dan laut yang membuai berayun-ayun bisa pula nge-rock dalam arti ini. Ia juga berarti bergerak, atau menggerakkan, bolak-balik, seperti guncangan mobil ketika melewati polisi tidur beruntun. Itulah sebabnya rock pun berarti bergerak, berputar, atau berdansa mengikuti irama musik. Namun, bukan sembarang musik, melainkan musik rock ’n’ roll yang muncul pada pertengahan abad ke-20 di Amerika berkat pengaruh musik Afrika atas musik Eropa. Salah satu pengaruh ini terletak pada dentuman atau pukulan irama yang kuat.

Istilah rock and roll sendiri bukan hanya mengacu pada jenis musik tertentu, melainkan juga pada sebentuk gaya hidup hura-hura dan agak memberontak, termasuk dalam urusan seksual. Kata kerja roll yang berarti berguling itu memang dekat maknanya dengan apa yang terjadi di atas kasur, walaupun orang Amerika tidak kenal bantal panjang kita yang nyaman itu. Maka, banyak orangtua zaman itu, serta orang-orang yang suka memaksakan kesalehan kepada orang lain, menyebut jenis musik ini musik setan.

Nah, para orangtua zaman sekarang tumbuh dewasa dengan musik rock and roll, jadi mereka tidak terlalu antipati, bahkan masih menikmati. Yang masih jengkel mungkin pemusik ”murni” yang menganggap pengaruh Afrika itu menjerumuskan musik dunia ke level paling rendah asal gedebak-gedebuk. Memang musik tradisional Eropa dan Asia, termasuk musik yang dianggap adiluhung di Nusantara, kadang dianggap lebih unggul karena sudah melewati tahap jingkrak-jingkrak yang infantil itu. Sayang, kalah di pasar.

Jadi, apa pasal dengan cadas? Yah, tidak ada. Kalau istilah itu dipaksakan dipakai terus, namanya kepala cadas. Mau istilah baru? Beberapa kata yang bisa dipertimbangkan termasuk: goyang guling gulung guncang gelinding gelundung gonjang ganjing. Kalau mau gampang: musik rok.

Sumber ilustrasi: Wikipedia.

Iklan

9 thoughts on “Musik Cadas?

  1. Setelah membaca penjelasan di tulisan ini, kelihatannya memang tdk tepat kalau memilih kata cadas unt menggantikan kata rock. Tapi saya tdk 100% setuju, penggunaan istilah musik cadas masih bisa tetap dipakai untuk jenis musik ‘hard rock’ atau ‘metal’ (bukan menggantikan rock n roll/pop rock atau jenis musik rock yg lemah lembut)

  2. Menurut saya, “musik cadas” malah cerdas. Di kuping dan benak orang Indonesia, rock music sangat dekat dengan tema-tema yang keras, dan bunyi-bunyian dengan volume maksimal (diputar keras-keras). Kalau kata “rock” yang aslinya artinya “goyang” di-pleset-kan [halah] menjadi “rock” yang artinya “batu/cadas”, itu malah keren. Batu mana yang nggak keras? :D

    Sayang, di dunia musik kita kata “goyang” sudah nyaris dimonopoli musik dangdut, jadi terjemahan harfiahnya tak bisa dipakai. Musik rok? Ntar deh, barengan ama musik jas dan blus, kalau kami mau bikin fesyen show. :D

  3. Musik rok?
    Walah, jangan.
    Bisa mati ketawa berdiri saya mendengarnya..
    Dan bakalan ga nyambung sama orang klo ngomongin ini..
    Sumpah,, jangan sampai musik rock diterjemahkan jadi ‘musik rok’..

    ‘Musik cadas’ itu cocok karena cadas memang berpadanan artinya dengan keras.
    Dan musik rock n roll memang harus keras.

  4. Cadas itu menurut saya artinya gunung/bukit batu yg TINGGI,KERAS,TAJAM AN TIDAK RATA.NAH kalo dihbgkan dg musik saya rasa musik cadas adl musik ya nadanya tinggi,suaranya keras,bahkan membuat badan bergoyang serta telinga menjadi sakit,tapi ada binatang ular yg berkulit lembut dapat berjalan di atas cadas tnpa rasa sakit atau badanya terluka,maksudnya ap??Apa yg dapat kita pelajari?Kirim ke ak ya?Heheheh

  5. Opini tanpa referensi, kurang bijaksana. Saya kutipkan dari daring KBBI saja, mudah-mudahan bisa mengenahi pendapat teman-teman di atas.

    mu·sik n 1 ilmu atau seni menyusun nada atau suara dl urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yg mempunyai kesatuan dan kesinam-bungan; 2 nada atau suara yg disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yg menggunakan alat-alat yg dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu);
    — berahi seni budaya peninggalan zaman wali berupa nyanyian yg dibawakan oleh wanita, diiringi oleh tembang; — cadas cak musik keras; — hidup musik dng instrumen yg dimainkan (bukan rekaman); mereka menari dng iringan — hidup; — ilustrasi musik sbg pengiring dl film, drama, iklan, dsb; — kaset musik yg direkam dl kaset; — keras musik pop dng tekanan irama berat, biasanya dimainkan pd instrumen elektronik dng pengeras, umumnya berupa ulangan frasa yg sederhana; — pop musik dng irama yg sederhana sehingga mudah dikenal dan disukai orang banyak (umum); — rakyat 1 musik yg dibuat dan diteruskan di antara rakyat umum; 2 bentuk musik dng musik rakyat; — rok musik pop yg dimainkan dng peralatan amplielektronik dan dicirikan dng nada berat terus-menerus;

    Jangan malas membaca, ya, sengaja disalin-tempel secara lengkap agar jelas.

  6. Musik Rock N’ Roll bisa lahir karna adanya musik blues, dan musik rock sendiri tidak semuanya bisa dikatakan sebagai musik Cadas. Apalagi jenis musiknya seperti slow rock.. :D Jadi hanya Trash N’ Heavy Metal aja tuh yang bisa dikatakan sebagai warna musik rock Cadas Brother..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s