Koalisi

Samsudin Berlian*, KOMPAS, 26 Apr 2014

Sementara partai-partai politik bertaktik-strategi menjalin dan memutus koalisi di atas dan di bawah meja seusai Pemilu Legislatif menjelang pemilu eksekutif nasional, partai peraih pluralitas, PDI Perjuangan, dengan calon presidennya yang diakui paling top meluncurkan wacana baru: koalisi ogah, kerja sama ayo.

Omong-omong, khusus buat Anda yang belum tahu, pluralitas berarti suara perolehan tertinggi di bawah 50 persen dalam suatu pemilihan. Masih penasaran? Begini, kalau di atas 50 persen, namanya mayoritas.

Kembali ke koalisi. Apa, sih, bedanya dari kerja sama? Dari komentar para petinggi partai itu muncullah gambaran bahwa kerja sama itu positif, gotong royong, mengutamakan kualitas bukan kuantitas, berlandasan dan bervisi sama dengan tujuan efektif melahirkan kebijakan atau mengesahkan undang-undang, demi kesejahteraan rakyat, sesuai dengan ideologi Pancasila, berorientasi pembangunan bangsa. Sementara itu, koalisi bersifat negatif; bagi-bagi kursi, sapi, uang, jabatan menteri; intinya lobi-lobian, negosiasi, transaksi politik, bertujuan mengamankan atau berorientasi hanya pada kekuasaan semata-mata.

Namun, koalisi juga ada positifnya karena PDI Perjuangan menawarkan koalisi ramping kepada (tidak lebih dari) tujuh mitra yang bersedia bermain di dalam sistem presidensial, bukan parlementer. Tampaknya koalisi bisa bagus juga kalau tidak rumit terlalu banyak pemain sehingga lebih mudah diatur. Koalisi luas dijalin dengan rakyat saja, kata seorang petinggi PDI Perjuangan. Ini aneh karena rakyat adalah pemberi mandat alias majikan, bukan mitra, pemerintah.

Apakah pembedaan seperti ini memang ada dalam pemakaian umum kedua istilah itu?

Koalisi versi kamus berarti pemerintahan yang dibentuk dari hasil kerja sama dua partai atau lebih. Koalisi juga berarti kelompok yang dibentuk orang-orang atau kelompok-kelompok politik yang sepakat bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Kata Latin alascere berarti ’bertumbuh’. Coalascere ’tumbuh bersama’. Jadi, dalam pengertian politik, ada dua unsur utama dalam kata itu: bersama-sama dengan kelompok lain dan tumbuh/bekerja ke arah suatu tujuan bersama.

Sementara itu, kerja sama atau kooperasi berarti hal bersama-sama bekerja ke arah tujuan bersama. Juga berarti kesediaan membantu dan melakukan apa yang diminta. Kata Latin operari berarti ’bekerja’ dan cooperari berarti ’bekerja bersama’.

Jadi, arti keduanya mirip sekali. Koalisi lebih menekankan kesatuan atau kesamaan tujuan dan karena itu juga mengacu pada kerja sama yang lebih formal.

Dalam sistem politik parlementer, pemerintahan koalisi merujuk pada bukan hanya bekerja bersama-sama, melainkan juga peleburan organisasi pemerintahan. Ada perbagian kekuasaan sehingga perpecahan koalisi biasanya juga berarti akhir pemerintahan.

Kerja sama bersifat lebih longgar. Selama senang, ya, kerja sama-sama. Kalau sedang jengkel atau sudah bosan, ya, bubaran. Struktur kekuasaan tidak berubah. Rupanya yang diinginkan PDI Perjuangan, pemerintah tetap hanya berada di tangan presiden, sesuai dengan sistem presidensial yang kita anut. Kalau kerja sama pecah, pemerintah tetap aman-aman saja.

Koalisi adalah istilah yang secara khusus dipakai dalam dunia politik, sedangkan kerja sama bersifat umum. Jadi, intinya, kerja sama berarti perbagian kerja, koalisi berarti perbagian kuasa!

Nah, sekarang jelaslah apa yang diinginkan PDI Perjuangan: bagi-bagi kerjaan ayo, bagi-bagi kuasa ogah. Namun, sebagai pemanis, buat yang mau dapat kerjaan akan dibagi jugalah kuasa sedikit, yang ramping-ramping saja. Yang menentukan bukan parlemen, melainkan presiden! Begitu.

Wajarlah, dalam demokrasi, rakyat memerintah melalui pemenang.

* Pemerhati Makna Kata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s