Adi

L. Wilardjo*, KOMPAS, 11 Mar 2017

Di Kompas terbitan Senin, 14 November 2016, MZ Wahyudi menulis bahwa malam harinya akan ada bulan purnama bertepatan dengan waktu Bulan berada di titik terdekatnya dengan Bumi di lintasannya. Bulan akan tampak 1 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada biasanya ketika purnama. Bulan purnama seperti itu disebut bulan super, supermoon.

Supermoon dapat dipadankan dengan adibulan, sehingga combining form ”super” berpadanan dengan bentuk penggabung ”adi”, yang juga ditulis serangkai dengan, dan mengawali, kata ”bulan” yang digabunginya. ”Adi” di sini bisa berarti ”baik”, atau ”besar”, atau ”hebat”. Berikut ini beberapa kata yang dirangkai dengan bentuk penggabung ”adi”, beserta padanannya dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya: adigenting (supercritical), adidawai (superstring), adipembentur  (supercollider), adipenghantar (superconductor), adizalir (superfluid).

Itu semua istilah di bidang fisika. Adigenting dalam fisika nuklir ialah perikeadaan reaksi berantai di dalam teras reaktor PLTN yang lajunya meningkat terus dengan cepat. Kalau reaktor itu tak langsung dipadamkan, akan terjadi musibah, misalnya pelelehan atau bahkan Sindrom China.

”Adidawai” ialah nama teori fisika yang menjelaskan unsur-unsur paling elementer yang menyusun jagad raya. Teori ini sangat matematis dan, bagi yang mampu memahaminya, dianggap amat indah. Namun, teori itu juga dijuluki ”salah saja tidak”, not even wrong atau nicht einmal falsch. Disinisi begitu sebab teori ini pada dasarnya terujikan, tetapi belum ada teknologi yang dapat dipakai untuk menguji atau memfalsifikasinya.

Sementara ”adipembentur” ialah pemercepat raksasa partikel yang mampu menciptakan benturan dahsyat antara dua berkas zarah bermuatan dengan energi  sampai belasan triliun elektrovolt. Adipembentur dipakai dalam eksperimen di bidang fisika energi tinggi seperti di Fermilab, Illinois, AS, dan di CERN (Pusat Penelitian Nuklir Eropa), Geneva, Swiss. Lalu ”adipenghantar” dan ”adizalir” ialah jargon di bidang fisika suhu rendah. ”Zalir” ialah singkatan dari ”zat alir” atau ”fluida”.

Sebagai alternatif dari ”adibulan”, dapat juga kita pakai ”adicandra”.

Di luar bidang fisika juga banyak kata atau istilah yang dapat dibentuk dengan memanfaatkan bentuk penggabung ”adi”. Misalnya adidaya (superpower),adijana (superman),adibintang (superstar),dan adiperagawati(supermodel).

”Adi” yang berarti ”indah” atau terkesan ”wah” juga kita dapati dalam kata-kata seperti adibusana/haute couture,adimarga (boulevard),adibogawan (gourmet),adisusastra (belle lettre),adiseni  (fine art),dan adikarya (masterpiece).Karena ”adimarga” sudah dipakai sebagai padanan boulevard, maka superhighway kita padankan dengan ”adijalan”. Ini berlaku baik untuk jalan bebas-hambatan bagi kendaraan maupun untuk saluran telekomunikasi pita lebar.

Padanan ”adikarya” untuk masterpiece ada alternatifnya, yakni ”karya agung”. Karya yang dimaksudkan di sini lazimnya di bidang seni, seni apa saja, seperti seni musik (misalnya simfoni Beethoven), seni sastra (misalnya Mahabharata), atau seni lukis (misalnya lukisan Van Gogh).

Ada juga super yang bukan padanan ”adi”, yakni ”supersemar”. Itulah nama dokumen negara penting dalam sejarah RI, yang hilang tak tentu rimbanya. Supersemar ialah akronim untuk ”Surat Perintah Sebelas Maret” yang diberikan Bung Karno kepada Jenderal Suharto pada 11 Maret 1966.

* Fisikawan, Pendekar Bahasa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s