Ihwal

Halo,

Blog ini saya buat sebagai koleksi artikel tentang bahasa Indonesia dari berbagai media massa arus utama. Jika Anda menemukan artikel menarik dari salah satu media massa (ingat, bukan blog pribadi!) yang belum ada di sini, silakan beri tahu saya melalui komentar di laman ini.

Jadwal rutin rubrik bahasa yang telah diketahui dan terus dipantau adalah sebagai berikut:

  1. Majalah Tempo (setiap Senin)
  2. KOMPAS (setiap Sabtu)
  3. “Bidasan Bahasa” di Media Indonesia (setiap Minggu)
  4. “Alinea” di Riau Pos (setiap Minggu)

Rubrik bahasa dari Lampung Post dan Pikiran Rakyat sudah tidak lagi dipantau karena mereka sudah menutup akses daring terhadap artikel-artikel mereka.

Sesuai dengan pasal 14 UU 19/2002 tentang Hak Cipta, pengambilan artikel dari media massa ini tidak dianggap sebagai pelanggaran hak cipta asalkan menyebutkan sumbernya secara lengkap. Berikut bunyi pasal tersebut:

Tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta: (a) …; (b) …; (c) Pengambilan berita aktual baik seluruhnya maupun sebagian dari kantor berita, Lembaga Penyiaran, dan surat kabar atau sumber sejenis lain, dengan ketentuan sumbernya harus disebutkan secara lengkap.

Setiap artikel diupayakan tetap sesuai dengan aslinya karena langsung disalinrekatkan dari sumber yang tautannya disertakan pada bagian awal artikel. Penyuntingan hanya dilakukan terhadap kesalahan ejaan (jika ditemukan), tetapi tidak terhadap kesalahan tata bahasa. Format tulisan mungkin diubah (cetak miring, cetak tebal, bagian kutipan, dll.) untuk memberi penekanan. Ilustrasi gambar mungkin ditambahkan sebagai pemanis tampilan.

Anda dapat mengomentari semua artikel yang tersedia meskipun kecil kemungkinan penulis aslinya bisa membaca komentar Anda. Harap perhatikan unsur kepantasan dalam berkomentar dan jangan hanya mengandalkan emosi.

Blog ini diinangi oleh WordPress dan bergantung pada penerjemahan antarmuka bahasa Indonesia WordPress. Jadi, jangan protes kalau ada bagian yang tidak ditulis dalam bahasa Indonesia. Permasalahkan isi, jangan perwajahan.

Akhir kata, saya sangat berharap blog ini dapat menjadi tempat diskusi bahasa Indonesia yang sehat dari para warga internet. Mari bersama kita bangun bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

6 Jan 2010, Ivan Lanin.

16 thoughts on “Ihwal

  1. Kang Ivan, terima kasih telah menyatukannya di dalam satu blog. Dari dulu saya pengen ada satu wadah sehingga memudahkan untuk bisa dibaca tanpa harus mencari-cari dulu arsip (baik di Kompas.com atau di Majalah Tempo-nya).

    Teruskan perjuangannya… :D

    • assalamualaikum,
      Penulisan yang hebat, mudah saya fahami. Walaupun saya berasal dari Malaysia…

  2. Halo mas Ivan, salam kenal. Saya menjadi salah seorang netter yang mengunduh banyak manfaat dengan rubrik bahasa Indonesia ini. Sungguh berguna untuk belajar menulis. Oya, saya juga pernah membahasnya di blog saya berjudul”Blogger dan Bahasa.” Terimakasih, Mas!

  3. wah, terima kasih kang ivan lanin… blog yang sangat bermanfaat bagi saya, saya jadi ga perlu buat-buat kliping dari media massa lagi.

  4. Hai Mas Ivan…
    Beruntung sekali saya bertemu dengan laman blog anda ini. Saya suka sekali membaca Rubrik Bahasa di Harian Kompas. Tapi itu dulu, ketika saya rajin membelinya. Sekarang jarang sekali, bahkan hampir tidak pernah. Saya memiliki dua buah buku kumpulan Rubrik Bahasa Kompas, yakni Kolom Bahasa Kompas dan Inul Itu Diva?

    Keberadaan artikel-artikel anda ini sungguh bisa mengobati dahaga pengetahuan saya soal bahasa Indonesia. Apalagi sumbernya bukan hanya Harian Kompas.

    Melalui ini saya minta ijin untuk men-copas dan menjilidnya menjadi buku.

    Terima kasih.

    • Halo Mas Hamzet,

      Masing-masing tulisan di sini adalah hak cipta dari penulis dan/atau media yang pertama menerbitkannya. Untuk keperluan sendiri, saya pikir boleh saja untuk menjilidnya. Namun, mohon jangan dikomersialkan.

      • Terima kasih Mas Ivan.
        Tentu saja hasil copas + jilidnya saya pakai sendiri. Itupun di setiap judul nama media dan penulisnya tetap saya cantumkan. Bahkan di footnote setiap halaman saya tulis juga alamat blog ini.

        Oh ya mas Ivan, saya lagi bingung mencari padanan kata “SANGGONG” yg di tempat saya kurang-lebih memiliki arti ‘tunggu dan sergap’. Contoh kalimat, “Setelah DISANGGONG sehari semalam, polisi berhasil menangkap pencuri itu di sebuah bangunan tak berpenghuni”. Di KBBI, kata tsb tidak tercantum. Saya bahkan memancing kata “SANGGONG” ini melalui sebuah postingan di Kompasiana, tepatnya di sini http://bahasa.kompasiana.com/2010/12/26/berburu-kata-sanggong/ Namun belum juga mendapat kejelasan.
        Barangkali Mas Ivan bisa membantu?

        Sekali lagi terima kasih. Salam…

  5. Mas Ivan, saya senang sekali ada blog ini dan menemukan orang yang punya keprihatinan yang sama terhadap situasi berbahasa kita.
    Hanya saja, saya merasa pernah membaca satu artikel di Kompas tentang kata “launch” yang ternyata berasal dari bahasa Indonesia “luncur”. Sayang sekali saya tidak mencatat dengan teliti penulis dan tanggal terbitnya artikel tersebut. kalau sempat, mungkin mas Ivan bisa carikan dan muat juga di rubrik ini.
    Terima kasih Mas!

  6. Salam kenal, Mas. Sebagai salah seorang penyunting di salah satu penerbit Islam di Jakarta, saya merasakan manfaat berlimpah dari artkel-artikel yang dikumpulkan di sini.
    Saya juga aktif–alhamdulillah-mengumpulkan berbagai artikel dari berbagai sumber dan berbagai tema yang tersebar luas di internet, baik di blog pribadi maupun di situs jejaring sosial seperti kaskus; tentunya dengan disertai penyuntingan pribadi, dengan harapan asah-cermat kemampuan semakin bertambah.
    Dari situ saya melihat–meskipun belum membaca secara menyeluruh isi website ini–ada satu situs yang menarik milik seorang kolumnis yang sering dikutip pula tulisannya di sini, André Möller, orang bule yang-menurut saya–mahir berbahasa Indonesia; tautan yang dimaksud adalah http://www.bahasa.dalang.se/. Sependek pengetahuan saya, di situ dicantumkan tidak hanya artikel-artikelnya yang dimuat di Kompas, meski cukup menarik. Mungkin saja ada artikel yang belum Mas kutip, dan saya yakin jika mau ditelusuri satu-dua nukilan bisa didapat dan ditempelkan di laman ini.
    Itu saja dari saya, semoga bermanfaat.

  7. Untuk yang terbitan lampung post bisa diakses di kbplpengkajian.wordpress.com dan bisa di kroscek di issuu.com/lampungpost/ (koran lampung post yang didigitalkan) tiap hari rabu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s