Sesuatu

Lampung Post, 8 Feb 2012. Dian Anggraini.

“Selamat Lebaran ya, semoga bisa menjadi sesuatu, Alhamdulillah bisa jadi sesuatu di bulan Ramadan ini.” “Sesuatu enggak menurut kamu?”

Bisakah Anda menebak kutipan kalimat siapakah itu? Saya yakin, dari anak kecil hingga orang tua bisa menjawab pertanyaan ini. Penutur tersebut pasti Syahrini, mantan teman duet Anang Hermansyah yang kini fenomenal.

Demam Syahrini kini menjangkiti masyarakat kita. Tidak hanya eksistensi berbusananya yang ditiru, gaya bicara juga menjadi tren. Kata “sesuatu” begitu populer. Rekan-rekan selebritas Syahrini pun mulai ketularan dan latah mengucapkannya saat disorot kamera.

Ia mengaku banyak orang yang mengikuti kata “sesuatu.” Namun, salah menggunakan kata tersebut dalam kalimat. Lalu, ia pun mengajari bagaimana cara memakai kata “sesuatu” yang benar menurutnya. “Kalau habis dandan aduh cantiknya, sesuatu banget,” ujar Syahrini. Ia juga mencontohkan bagaimana pengucapan kata sesuatu itu dilontarkan. “Harus lemah gemulai ngomongnya,” kata Syahrini.

Selain “sesuatu”, kata “alhamdulillah” juga tak kalah meledaknya. Saking populernya, sebuah penyedia layanan telekomunikasi memintanya untuk menjadi catatan suara. “Saya diminta oleh salah satu provider, karena banyak yang meminta dan mengunggah kata ‘Alhamdulillah yah, sebentar lagi Lebaran dan Alhamdulillah yah, Lebaran tahun ini dapat THR’,” ujarnya.

Menurut saya, entah apa yang istimewa dari ungkapan yang sering sekali diucapkan Syahrini ini. Sampai-sampai saat ini sudah menjadi buah bibir di mana-mana. Rasa-rasanya kata sesuatu dan alhamdulillah bukanlah kata yang asing untuk kita. Ah, mungkin (pikir saya), Syahrini publik figur sehingga apa yang dikatakannya menjadi sorotan banyak orang.

Sebenarnya apa sih arti sesuatu sebenarnya. Mari kita tengok Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam kamus ini, sesuatu berarti barang atau hal yang tidak tentu (untuk menyatakan benda yg kurang tentu). Contohnya sesuatu yang ada padanya sangat dibutuhkan oleh orang lain.

Dari pengamatan saya di beberapa kalimat yang dilontarkan Syahrini, sesuatu-nya bisa berarti baik atau bagus. Semisal ya, alhamdulillah ya, berarti banyak orang senang dengan logat saya. Dan kata-kata saya dianggap sesuatu. Namun, tak jarang pula “sesuatu” bermakna abstrak. Contohnya semoga menjadi sesuatu banget.

Ini berbeda saat artis Peggy Melati Sukma memomulerkan kata pusing. Pusing versi Peggy berarti ungkapan kalau dia memang benar-benar pusing, di suatu kondisi atau pada lawan bicaranya. “Pusiiiiiingg…!” ujarnya, dengan intonasi panjang dan centil.

Setiap sisi publik figur memang selalu menjadi sorotan. Mereka menjadi contoh bahkan teladan masyarakat. Andai syarat menjadi artis harus mampu berbahasa yang baik, niscaya bahasa Indonesia tidak begitu abstrak di telinga kita. Semoga menjadi sesuatu. Salam.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.